Kamis, 15 Maret 2012

E-mail Client


 

MENGOPRASIKAN E-MAIL CLIENT

A. PENGERTIAN E-MAIL
E·mail adalah fasilitas intemet yang digunakan untuk mengirim surat elektronik. Pengiriman surat secara elektronik ini sering disebut dengan Electronic Mail atau yang terkenal dengan istilah e-mail. Setiap orang yang akan berkomunikasi menggunakan Iayanan internet e-mail harus memiliki alamat e-mail sendiri-sendiri, alamat e-mail ini dapat diperoleh secara resmi ketika mendaftarkan diri ke ISP atau didapatkan dengan cara gratis (free e-mail. Aplikasi di intemet untuk mengakses e-mail dapat berupa aplikasi tersendiri seperti Eudora, Intemet mail, Pine, atau menggunakan fasilltas Web mail. Web mail adalah fasilitas untuk mengakses e-mail dengan menggunakan browser. E-mail dapat dikirimkan ke setiap orang satu per satu atau pengiriman secara kelompok. Dalam pengiriman secara kelompok, setiap sekali mengirim maka seluruh anggota dalam kelompok tersebut akan terkirim. Istilah ini sering disebut Mailing List atau milis. Microsoft Office telah melengkapi fasilitas e-mail ini dengan Microsoft Outlook dan Outlook Express. Aplikasi ini dapat kita gunakan untuk mengirim dan menerima e-mail secara Iangsung. Sejumlah perusahaan jasa layanan intemet menyediakan fasilitas e-mail secara terintegrasi maupun terpisah. Yahoo menyediakan fasilltas e-mail secara terintegrasi dengan layanan intemet Iainnya, bahkan Yahoo menyediakan pendaftaran e-mail gratis kepada seluruh pengguna internet di seluruh dunia.
B. MEMBUAT ALAMAT E-MAIL MELALUI SEARCH ENGINE
Bagaimana kita membuat sebuah alamat e-mail?
Untuk dapat mengirim dan menerima e-mall, kita harus melakukan pendaftaran ke salah satu provider yang menyediakanjasa Iayanan tersebut. Langkah-langkah yang kita tempuh yaitu sebagai berikut.
1. Koneksikan komputer ke internet, kemudian buka browser Internet Explorer. Kunjungilah situs http:// mail.yahoo. co.id/. Kunjungan ini bertujuan untuk mendaftarkan alamat e-mail agar dapat memanfaatkan layanan internet untuk mengirimkan surat elektronik.
 
 EMAIL CLIENT
Aplikasi email client : outlook Expres, Eudora, dsb.
2.2. PENGENALAN OUTLOOK
Ms Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan klien email dan workgroup yangdikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan
software
terbesar pimpinanBill Gates. Aplikasi. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office,sehingga untuk
menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office.Selain untuk pengelolaan email, Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lainseperti pengelolaan kalender kerja,
meeting 
, jadwal tugas dll. Sebelummenggunakan Outlook ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal menu-menuutama dari Outlook itu sendiri.Bagian-bagian dari Outlook sbb:

Folder List
Folder List 
menampilkan semua folder yang ada, seperti
Inbox 
,
Personal Folders
,dan
Public Folders
.
Toolbar 
Toolbar 
berisi
shortcuts
dari perintah yang umum digunakan, seperti "
New Mail Message
", "
Print 
", dan"
Print Preview 
".
Note
:
Toolbar dapat diubah sesuai dengan keperluan/keinginan kita.
Status Bar 
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
Status Bar 
menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder yang ditunjuk, danberapa banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
Outlook Bar 
Sama seperti
Folder List,
Outlook Bar berisi
shortcuts
untuk fasilitas yang ada padaMicrosoft Outlook,seperti
Calendar 
,
Contacts
, and
Tasks
.
2.3. OUTLOOK UNTUK PENGELOLAAN EMAIL
2.3.1 Membaca Email
Untuk membaca email pastikan Outlook berada pada folder “
Inbox”
, cukup dobelklik pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru. Untukmengetahui
adanya pesan baru
, pada
windows toolbar 
( sudut kiri monitor ) akandiberi
tanda amplop
yang diiringi dengan suara “ding” sebagai bunyi default untukemail yang tiba pada Outlook.
2.3.2. Membaca File
 Attachment 
Jika Anda menerima pesan berisi file lampiran (
attachment 
), di folder Inbox padaOutlook akan di beri tanda
 paperclip
disebelahnya. Untuk membuka file
attachment 
lakukan langkah berikut :1. Buka pesan/
mail message
.2. Akan ada
icon
dengan nama file di body text.3. Dobel klik
icon
file. File
attachment 
akan terbuka sesuai dengan programaplikasinya. Anda bisa menyimpannya atau menutup saja filenya.
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
Cara menyimpan file
attachment 
.1. Sorot file attachment2. Klik menu File – kemudian
Save attachment 
.
3.
Pilih folder tempat menyimpan file yang diinginkan.
2.3.3. Membuat
Sub Folder 
pada Inbox.
Apabila kita ingin mengelompokkan email dan menempatkannya pada folder tertentuhal ini dapat dilakukan dengan membuat folder baru di dalam folder Inbox.Lakukan langkah berikut :
1.
Pada folder Inbox klik
File
2.
Pilih
New 
 – pilih
Folder 
3. Ketik nama folder pada kolom yang tersedia.
2.3.4. Menggunakan
Message Rule” 
Message Rule
berguna untuk mengatur email agar dapat diterima sesuai denganaturan yang diinginkan. Juga berguna untuk mengelompokkan email pada folder tertentu maupun untuk memblok email yang tidak kita inginkan ( iklan,
spam
,pornografi, dsb).Untuk mensetting
Message Rule
lakukan langkah berikut :
1.
Pada folder Inbox klik menu
Tools
2. Klik
Rules Wizard 
” ( Akan muncul menu untuk “
rules wizard 
”)3. Klik tombol
New 
4. Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “
check message when they arrive
” ),akan memeriksaemail begitu tiba.
5.
Klik
Next 
Mengoperasikan
Software Email Client 


mengoperasikan software e mail client — Presentation Transcript

·         1. Presentase Media Pembelajaran by, Said Haikal Ahmad electronic mail
·         2. web-mail & e-mail client Gmail yahoomail Oleh Drs.SAID HAIKAL
·         3. Pengertian e-mail client dan web-mail dijelaskan secara rinci. Manfaat e-mail client dan web e-mail dijelaskan dengan benar. Software E-mail client diinstall dan berfungsi dengan baik Prosedur pembuatan email dijelaskan dengan benar. Alamat e-mail dibuat dengan benar sesuai prosedur. Konfigurasi E-mail client (SMTP Server, POP Server) dijelaskan dan dilakukan sesuai dengan prosedur penulisan. E-mail dan attachment dibuka dan dibaca sesuai dengan prosedur. E-mail dan attachment (diteruskan, dihapus, dibalas ke satu alamat, beberapa alamat) dijelaskan dan diaplikasikan sesuai prosedur. E-mail dan attachment disimpan pada media yang tersedia dengan baik. E-mail dan attachment dicetak dan fitur pencetakan dije-laskan dengan benar. Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client KKPI INDIKATOR : SOAL HOME 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11
·         4. Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client TUJUAN PEMBELAJARAN : Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini siswa diharapkan mampu: Melakukan prosedur registrasi web-mail dan email client. Menggunakan menu yang terdapat dalam program webmail dan e-mail client. Membuat e-mail pada webmail dan e-mail client. Melakukan instal dan setting e-mail client pada kom-puter. Mengirim, membaca dan menghapus e-mail. Mengirim, mambuka, dan menyimpan dan menghapus e-mail degan file attachment pada media penyimpan. Melakukan proses pencetakan e-mail, attachment. 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI
5. B. MATERI PEMBELAJARAN : Aplikasi E-mail Web-mail dan E-mail Client Registrasi e-mail Setting SMTP Server, POP Server, IMAP Server Fitur E-mail Aplikasi E-mail Attachment file Pencetakan 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client
·         6. PENGERTIAN E-MAIL : E-Mail adalah layanan pengiriman pesan elektronik melalui Internet. Seperti pada metode pengiriman pos, setiap pengirim dan pene-rima e-mail harus memiliki alamat e-mail atau e-mail address/e-mail account . 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client
·         7. APLIKASI E-MAIL : Untuk membuat e-mail, kita menggunakan aplikasi-aplikasi penyedia layanan e-mail yang umumnya gratis. Diantara aplikasi itu adalah : Yahoo! Mail = http://www.mail.yahoo.com Google = http://gmail.google.com Hotmail = http://www.hotmail.com Telkom = http://www.telkom.net Plasa = http://www.plasa.com Kunjungi situs : http://www.kkpismkn3tpi.blogspot.com 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client
·         8. MANFAAT E-MAIL : Adapun manfaat menggunakan e-mail antara lain ; Mengirim pesan dengan cepat dan besar; Pesan dikirim boleh ke-satu atau beberapa orang; Dapat melampirkan data, berupa ; foto, dokumen dsbnya; Pesan yang dikirim dan diterima tersimpan baik dan lama pada server e-mail, kecuali kita menghapusnya; 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client
·         9. MEMBUAT E-MAIL MENGGUNAKAN GMAIL ( GOOGLE.COM) MENGGUNKAN YAHOO MAIL (YAHOO.COM) 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client
·         10. MENGENAL PROGRAM E-MAIL CLIENT Program e-mail client, adalah program yang dapat kita gunakan untuk menyalin dan mengelola e-mail secara langsung dari komputer, tanpa harus melakukan login pada halam web penyedia layanan tersebut. Dimana beberapa mail server (layanan e-mail gratis) menyediakan fasilitas POP3 (Post Office Protocol, untuk dapat kita gunakan menyalin pesan masuk/inbox di e-mail kita ke dalam komputer menggunakan program e-mail client. 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client
·         11. PROGRAM-PROGRAM E-MAIL CLIENT : Program-program e-mail client yang ada saat ini adalah ; MICROSOFT OUTLOOK ; OUTLOOK EXPRESS ; MOZILLA THUNDERBIRD ; 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client
·         12. Menggunakan : Cara Setting ! 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 SOAL HOME KKPI Standar Kompetensi : MENGOPERASIKAN WEB-DESIGN (INTERNET) Kompetensi Dasar : Mengoperasikan software e-mail client

Pengertian Email, Webmail dan Email Client

Sekarang ini sebuah alamat email sangatlah berarti. Bayangkan saja… dengan 1 alamat email Google (GMail) misalnya… anda mendapatkan berbagai fasilitas dari Google.
Email sendiri adalah berupa surat elektronik yang ditandai dengan lambang simbol @. Kemudian ada istilah webmail dan email client yang berhubungan erat dengan email. Berikut adalah artikel yang saya ambil My Tutorial yang menjelaskan tentang hal itu.
Bukan hal yang asing jika berbicara tentang Email, terutama bagi kawula muda yang saat ini lagi hangat-hangatnya menggunakan jejaring sosial. Email notabena dibutuhkan untuk proses aktivasi ketika sebuah akun dibuat di salah satu situs. Nah pada editorial ini akan dibahas apa itu email, bagaimana cara kerjanya dan menerimanya baik menggunakan webmail maupun email client.
Email merupakan media surat menyurat yang dilakukan melalui media elektronik alias komputer. Dengan email, komputer-komputer di seluruh dunia, yang terhubung dalam jaringan internet, bisa saling mengirim pesan, sebagaimana layaknya Anda mengirim surat kepada rekan-rekan Anda yang tingal di belahan dunia yang lain.
Dilihat dari cara kerjanya, proses pengiriman email sebenarnya tidak jauh berbeda dengan surat konvensional. Untuk mengirim surat, pertama kali Anda mengantar surat tersebut ke kantor pos terdekat. Pihak kantor pos akan mengumpulkan seluruh surat yang masuk, menyortirnya berdasarkan wilayah tujuan, lalu mendistribusikan surat-surat tersebut ke alamat tujuan masing-masing.
Email pun bekerja dengan cara seperti itu. Ada dua protokol utama yang mengatur lalu lintas surat elektronik. Protokol pertama bernama SMTP (Simple Mail Transfer Protocol), yang bisa dianalogikan sebagai kantor pos, dan berfungsi untuk mendistribusikan pesan-pesan yang Anda kirim ke alamat tujuan. Sedangkan protokol kedua bernama POP3 (Post Office Protocol version 3), yang bertugas menangani pesan-pesan elektronik yang masuk ke kotak posAnda.

Ketika Anda mengirim sebuah pesan elektronik, komputer Anda akan mengarahkan pesan tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah Anda, atau kotak PO BOX di kantor pos. Pesan-pesan yang terkirim akan tetap di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan pesan elektronik tersebut ditangani oleh protokol bernama POP3 tadi.
Untuk mengambil pesan yang ada di mail server, mail server memberikan fasilitas bernamawebmail yang memungkinkan Anda mengelola e-mail dari mana saja di seluruh dunia. Yang penting, komputer Anda memiliki akses internet.
Webmail ini bisa diakses melalui browser seperti Firefox, Internet Explorer, Opera, dan sebagainya. Anda tinggal mengetikkan alamat URL dari webmail tersebut (misalnya http://mail.yahoo.com atau http://mail.google.com), masuk kedalam webmail tersebut dengan login terlebih dahulu.  Anda akan segera bisa melihat pesan-pesan yang masuk di “kotak surat” (inbox) Anda. Ini yang disebut pengelolaan email menggunakan webmail.
Sementara POP client (atau email client) adalah software pengelola e-mail yang bertugas untuk memindahkan pesan-pesan email dari mail server Anda ke harddisk di komputer Anda. Karena tugasnya adalah memindahkan, maka inbox di mail server Anda akan kosong setelah pesan-pesan tersebut masuk ke komputer Anda.
Ada banyak program email client yang tersedia saat ini, seperti Microsoft Outlook dan Outlook Express, Mozilla Thunderbird, dan masih banyak lagi. Agar email Anda di server bisa diambil dengan sukses oleh program e-mail client, Anda harus mengatur setting untuk POP3 dan SMTP account pada program email client.

Untuk POP3 account biasanya bersifat fixed, tidak bisa diubah-ubah. Jika Anda menggunakan account e-mail CBN misalnya, maka POP3 accountnya adalah pop.cbn.net.id. Sedangkan SMTP account biasanya lebih fleksibel, karena tergantung dari ISP yang Anda gunakan. Misalnya Anda menggunakan account email gratisan dari hotpop.com. Anda bisa menggunakan SMTP account-nya hotpop.com (smtp.hotpop.com), atau SMTP dari ISP Anda (untuk CBN, SMTP account-nya adalah smtp.cbn.net.id).
Secara umum, penggunaan e-mail client akan meminimalisir ketergantungan Anda terhadap akses internet. Kenapa? Karena koneksi internet hanya Anda butuhkan ketika melakukan dua hal:
·                     mengambil email dari mail server Anda
·                     ketika Anda hendak mengirim e-mail.
Anda sama sekali tidak membutuhkan koneksi internet ketika membaca atau mengetik pesan e-mail. Lalu mana yang lebih baik digunakan ?
Tidak mudah menyebut mana yang yang lebih baik, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Keunggulan utama webmail adalah kemampuannya untuk diakses dari mana saja di seluruh dunia. Dari kantor, warnet, rumah, luar negeri, rumah tetangga, atau dari tempat lain, terserah Anda. Yang penting, komputer yang Anda pakai memiliki akses internet. Kemudahan seperti ini disebabkan e-mail yang Anda kelola berada di mail servertertentu, bukan di komputer pribadi Anda.
Sedangkan kelemahan webmail adalah ketergantungannya yang sangat tinggi terhadap akses internet. Selama mengelola e-mail, Anda harus terkoneksi terus ke internet. Jika koneksi terputus maka terhentilah gerakan anda.
Kelemahan webmail lainnya adalah dalam hal kuota. Ada pembatasan tertentu terhadap kapasitas mail serverAnda. Ketika kuota dalam kondisi out of limit maka Anda tidak akan bisa menerima pesan-pesan baru. Solusinya ? Ya harus membuang pesan-pesan yang tidak penting.
Sedangkan email client memiliki memiliki keunggulan dan kelemahan yang sebaliknya. Keunggulannya yakni dapat menghemat koneksi internet. Anda cukup terkoneksi ketika melakukan Send and Receive. Setelah itu, Anda bisa membaca dan menulis email secaraoffline. Keunggulan lainnya, proses pembacaan pesan sangatlah gampang. Anda tinggal mengklik subject sebuah pesan, lalu dalam sekejap Anda akan bisa membacanya. Bahkan hampir semua program e-mail client memiliki fasilitas Auto Preview, yang membuat proses pembacaan e-mail menjadi lebih mudah. Anda juga tak perlu khawatir soal kuota, karena pesan-pesan e-mail Anda telah berpindah dari mail server ke komputer pribadi Anda.
Sedangkan kelemahan utama e-mail client adalah keterbatasannya dalam mengakses pesan e-mail Anda. Anda hanya bisa mengakses e-mail Anda dari komputer pribadi Anda, tidak bisa dari komputer tetangga, warnet, apalagi dari luar negeri. Selain itu, apabila Anda kurang hati-hati, pesan-pesan rahasia di inbox Anda bisa dibaca oleh orang lain dengan gampang. Memang, ada fasilitas Identity seperti di Outlook Express yang sanggup melindungi Anda dari kemungkinan terbacanya e-mail Anda oleh pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Namun tidak semua e-mail client memiliki fasilitas Identity. Kalaupun ada, tidak semua orang menggunakannya, mungkin karena tidak tahu, atau merasa tidak perlu.
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
6. Pilih lagi sesuai aturan yang diinginkan ( contoh “
with specific word in thesender’s address” 
), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat pengirim.7. Klik kalimat “
specific word 
” yang digaris bawah.8. Isi sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis: Didin)9. Klik Next kemudian pilih “
move it to the specified folder 
” (akan memindahkanemail ke folder tertentu)10. Klik
specified 
, akan muncul window folder daripada Outlook11. Pilih folder yang anda inginkan pada “Inbox” ( sub folder).12. Klik
Next 
 – kemudian beri nama/judul untuk
message rule
tadi
13.
Klik
Finish
Ada kalanya kita tidak ingin menerima email tertentu yang mengganggu. Untuk
memblokir 
suatuemail yang tidak kita inginkan (iklan,
spam
, pornographi, dsb )lakukan langkah berikut :1. Pada folder Inbox klik
Tools
2. Klik
Rules Wizard 
” ( Akan muncul menu untuk “
rules wizard 
”)
3.
Klik tombol
New 
4. Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “
check message when they arrive
” ),akan memeriksaemail begitu tiba.5. Klik
Next 
6. Pilih with “
specific word in the body 
” ( akan mencek kata-kata yang ada padaisi pesan)7. Kemudian ketik/tambahkan kata-kata apa saja yang ingin Anda sensor/blok.8. Klik
Next 
kemudian pilih/cek “
Delete it 
” ( akan langsung menghapus pesan bilatiba )9. Klik
Next 
 – kemudian beri nama/judul untuk
message rule
tadi.10. Klik
Finish
2.3.5. Membuat/mengirim Email
Untuk membuat pesan (
message
) baru pada Outlook ikuti langkah berikut:
1.
Pada folder Inbox, klik menu
File
2.
Sorot
New 
3. Klik menu
Mail Message
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
Ada 3 jenis tujuan pengiriman yaitu :
To
,
Cc
dan
Bcc
. Deskripsinya sbb:
To:
tujuan standar pengalamatan pesan.
Cc
: singkatan dari
Carbon Copy 
. Jika Anda ingin mengirim pesan kepadaseseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain,cantumkan alamat emailnya pada kolom Cc selain pada kolom To.
Bcc
: singkatan dari
Blind Carbon Copy 
. Jika Anda ingin mengirim pesan pada2 orang, pada koIom To dan pada kolom Bcc, keduanya akan menerima emailtetapi penerima yang ada dikolom To tidak akan mengetahui (
blind 
) bahwaemail juga dikirim kepihak ke 2(Bcc).
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
Setelah menentukan bagaimana dan kemana pesan akan dikirim, ikuti langkah berikut :1. Klik tombol pengalamatan (
addressing 
) (To, Cc, or Bcc).
1.
Pada kolom "
Show Names From The
:" , pastikan address list yg benar telah dipilih,klik tanda panah
down
untuk memilih.3. Dobel klik ( tekan To->, Cc->, Bcc-> ) nama orang yang ingin dikirim. Anda dapatmemilihlebih dari satu nama dengan dobel klik pada nama tsb.
4.
Klik tombol OK . Anda akan kembali ke menu pesan/
New Mail Message
denganalamatemail yang telah dipilih tadi.5.Masukkan text pada halaman isian pesan
6.
Setelah selesai mengetik pesan klik tombol
Send 
,
dan pesan akan segera dikirim
.
.
2.3.6. Pemakaian Group
Anda dapat mengirim email ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapaalamat email. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman email ke banyakalamat sekaligus dalam satu Group daripada menuliskan alamat email satu-persatu.Untuk membuat Group akan dibahas pada bab selanjutnya. Untukmengirim keGroup lakukan langkah berikut :1. Klik “To” pada pengiriman email. Akan muncul menu
 Address Book 
.2. Pada kolom
Show Names from the :
“ pilih
 All Groups
( atau ditempat manaanda membuat groups).
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
3.
Klik Ok dan
Send 
2.3.7 Mengirim
 Attachments
( file lampiran)
Jika Anda ingin menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, sepertidokumen atau
spreadsheet 
, lakukan langkah berikut:1. Seperti biasa, buat pesan baru beserta elamat emailnya.2. Setelah selesai mengetik pesan tekan tombol
Insert 
pada toolbar.3. Klik
File
.4. Cari file yang ingin anda sertakan.5. Dobel klik pada file yang akan disertakan
Setelah itu file akan dimasukkan ke dalam pesan dan siap disertakan. Carasingkat lain adalah dengan
drag and drop
file dari
desktop atau WindowsExplorer 
ke body pesan.
2.3.8 Membalas (
Reply 
) Pesan
Ketika menerima dan telah membaca sebuah pesan (email) kemungkinan Andaingin langsung membalas pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan haltersebut lakukan langkah berikut :
Standard Reply 
1.
Pada folder Inbox doble klik email yang ingin Anda balas.
2.
Klik tombol
Reply 
.
3. Alamat pengirim akan otomatis tercantum pada bagian
To
:
4. Ketik pesan anda pada body pesan.5. Klik
Send 
.
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
Reply To All 
Fungsi
reply to all 
akan membalas pesan kepada semua penerima pesan yang ditujuoleh pengirim pertama.Untuk melakukan ini :1. Klik tombol
reply to all 
.2. Semua penerima akan tercantum di bagian
To
: dan semua alamat bagian Ccakan tercantum pada bagian
Cc 
: juga3. Ketik pesan anda pada body pesan.4. Klik tombol send.
2.3.9 Out Of Office Assistant
Ms Outlook menyediakan fasilitas
autoreply,
dimana Outlook akan otomatismembalas email yang datang. Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidakditempat, Anda bisa otomatis mengirim reply pesan keorang yang mengirim andapesan, sehingga orang itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yangtelah dia kirim. Hal ini kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yangdisebut “
Out Of Office Assistant 
“. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :1. Klick
Tools
pada toolbar.2. Klik
Out Of Office Assistant 
.3. Jendela
Out Of Office Assistant 
akan muncul. Klik radio button disebelah "
I amcurrentlyout of the office
" dan ketik pesan yang ingin Anda sampaikan padakotak yang tersedia.4. Klik tombol OK.
2.3.10. Forward ( Meneruskan ) Pesan
Ketika Anda sudah membaca pesan, dan ingin jugamenyampaikan/meneruskan pesan tersebut ke orang lain, lakukan langkahberikut :
1. Buka email/pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.2. Klik tombol
Forward 
. Masukkan alamat email penerima. Anda dapatmenambahkan komentar di body text pesan jikadiinginkan.3. Setelah selesai, klik
Send 
.
2.3.11. Pemakaian
Signature
Kita juga dapat menyertakan “
signature
” atau tanda tangan elektronik, biasanyaditempatkan pada bagian bawah email kita. Signature terlebih dahulu dibuatformatnya sehingga sewaktu mengirim email tidak perlu dilakukan berulang-ulang
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
tetapi secara otomatis akan tertera pada bagian bawah email kita. Untukmelakukannya ikuti langkah berikut:
1.
Pada Outlook klik menu
Tools2.
Pilih
Options
3. Pilih
Mail Format 
( ada di atas )4. Kemudian klik tombol “
Signature Picker 
” akan muncul window untuk mengedit
signature
”5. Pilih
New 
 – masukkan nama untuk “
signature
” Anda.6. Klik
Next 
 – Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga anda bisa memilihwarna danbentuk dari font.
7.
Klik
Finish
Signature biasanya berisi jabatan dan alamat pengirim e-mail, sehimgga penerimadapat mengenal identitaspengirim.
2.4.PENGELOLAAN PERSONAL ADDRESS BOOK/ALAMATEMAIL
Outlook menyediakan fasilitas
 Address Book 
untuk mengelola semua alamat emailyang ada,mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapa Group.Personal Address Book berisi alamat e-mail beserta informasi atau data-data dariorang yang ingin Anda simpan. Untuk membuka
Personal Addres Book 
lakukanlangkah2 berikut :1. Klik menu "
Tools
" pada toolbar.2. Klik "
 Address Book 
".
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
Secara otomatis (default) akan menampilkan “
Global Address List 
” yang berisialamat e-mail yang telah terdaftar.
2.4.1. Menambah alamat email ke
Outlook Address Book 
:
Untuk menambah alamat email ke
Outlook Address Book 
, lakukan langkah berikut :1.
Klik tanda panah dibawah " 
Show Names from the:
" pilih
Outlook 
Address Book
2.
Klik
File
.
3. Klik
New Entry 
.4. Pilih
New Contact 
from the list and klik "
OK
".5. Pada isian
Full Name
, ketik nama lengkap.6. Pada isian
Email 
: ketik alamat lengkap e-mail orang tersebut.Contoh : (e-rafi@vedcmalang.or.id)
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
Setelah itu klik tombol “
Save and Close
“.Anda juga dapat menambah informasi lain tentang user tersebut, seperti alamat, notelp, perusahaan, dan lain-lain
Mengoperasikan
Software Email Client 
 
KURIKULUM SMK EDISI 2004
2.5
Rangkuman
1.
Outlook Expres, Eudora adalah contoh emai yang berbasis
client 

2.
MS Outlook menjadi paket dalam MS Office yang berfungsi pengelolaan email, juga mempunyai beberapa fasilitas seperti pengelolaan kalender kerja,
meeting 
, jadwal tugas dll
3.
Kemanpuan outlook untuk pengelolaan email antara lain untuk :
Membaca Email
Membaca File
 Attachment 
Membuat
Sub Folder 
pada Inbox.
Menggunakan “
Message Rule” 
Membuat/mengirim Email
Pemakaian Group
Mengirim
 Attachments
( file lampiran)
Membalas (
Reply 
) Pesan
Out Of Office Assistant
Forward ( Meneruskan ) Pesan
Pemakaian
Signature
4.
Outlook menyediakan fasilitas
 Address Book 
untuk mengelola semua alamatemail yang ada,mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapaGroup.

1 komentar: